Belajar Bahasa Inggris di Rumah

Cara Belajar Bahasa Inggris di Rumah

Di era globalisasi seperti sekarang ini, mempelajari bahasa asing, seperti Bahasa Inggris merupakan suatu hal yang sangat lazim. Bahkan anak-anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar  pun sudah diajari Bahasa Inggris.

Di artikel ini, Lexishon akan mengupas bagaimana cara belajar Bahasa Inggris di rumah buat kamu yang ingin belajar Bahasa Inggris tapi ga bisa kursus.

Tentukan tujuanmu

Sebelum memulai belajar, ada baiknya kamu menentukan dulu apa tujuan kamu saat mempelajari Bahasa Inggris. Apakah kamu ingin bisa berbicara dengan lancar, menonton film tanpa repot-repot membaca subtitle nya, membaca novel favorit, menulis esai atau artikel dalam Bahasa Inggris, atau justru kamu belajar Bahasa Inggris karena ingin mengambil tes TOEFL atau IELTS?

Cari Tahu Apa Kelemahanmu

Setelah menentukan tujuan, kamu perlu mencari tahu apa kelemahanmu. Bisa jadi kamu sudah percaya diri saat berbicara Bahasa Inggris di depan kelas, hanya saja kamu masih ga pede dengan grammar kamu. Atau kamu sudah terbiasa membaca jurnal ilmiah berbahasa Inggris tapi saat ingin menulis sebuah kalimat, kamu langsung melambaikan tangan di depan kamera (baca: menyerah)

Perbaiki Kelemahanmu

Setelah kamu tahu apa saja kelemahanmu, sekarang waktunya untuk memperbaikinya. Ingat tidak perlu dilakukan sekaligus, tapi setahap demi setahap karena mempelajari suatu bahasa bagi kami adalah skill yang harus diasah seumur hidup.

Latih Bahasa Inggris mu

Untuk cara belajar Bahasa Inggris berikutnya, kamu bisa memperbaiki kelemahanmu dengan cara melatih beberapa skill dalam Bahasa Inggris setiap hari. Contoh: saat kamu menonton video yang menarik di ted.com, kamu bisa menerapkan micro listening dengan cara mendengarkan selama satu menit lalu pause video tersebut dan catat semua yang kamu dengar.

Setelah selesai mencatat semua yang kamu dengar, lanjutkan menonton video tersebut dan ulangi langkah yang tadi. Dengan begitu kamu bisa melatih skill listening kamu dan writing kamu. Kalau kamu menemukan vocabulary atau phrase baru, kamu bisa catat dan gunakan saat kamu speaking atau writing.

Kamu juga bisa meniru bagaimana cara pengucapan sebuah vocabulary dari video yang kamu tonton. Jadi saat kamu ingin mengucapkan vocabulary tersebut, kamu ga akan salah ucap lagi.

Begitu juga saat kamu membaca novel favoritmu, kamu bisa membacanya kembali dengan niat menemukan sesuatu yang  baru, bisa berupa phrase, expression atau idiom.

Perbanyak vocabulary

Percuma kan kalo kamu mahir grammar tapi kamu ga tahu synonym nya hungry? Makanya membaca dan mendengarkan sesuatu dalam Bahasa Inggris itu harus menjadi menu wajib harianmu. Kalo kamu menemukan kosa kata baru dan ga paham apa artinya, jangan buru-buru buka kamus. Tapi, kamu harus coba nebak dulu artinya dengan melihat konteksnya.

Contoh: misal kamu membaca atau mendengar sebuah kalimat “Could I have a piece of bread? I missed breakfast and I’m simply ravenous.” Dari konteks, kita bisa mengetahui kalo tokoh tersebut meminta roti karena belum sarapan, maka kita bisa tebak kalo ravenous artinya lapar. Ga percaya? Coba deh cek kamusnya.

Ok, Lexishon cukupkan 5 langkah dulu ya? kita lanjutkan cara-cara belajar Bahasa Inggris berikutnya pada artikel selanjutnya

Share this on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 − 5 =