Belajar Bahasa Inggris di Rumah

Cara Belajar Bahasa Inggris di Rumah

Di era globalisasi kayak sekarang ini, belajar bahasa asing, kayak Bahasa Inggris udah jadi hal yang lazim banget. Sampe-sampe anak-anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar pun udah diajari Bahasa Inggris.

Di artikel ini, saya bakal ngupas gimana cara belajar Bahasa Inggris di rumah buat kamu yang pengen belajar Bahasa Inggris tapi ga bisa kursus.

Tentukan Tujuanmu

Sebelum mulai belajar, ada baiknya kamu tentuin dulu apa tujuan kamu saat belajar Bahasa Inggris. Apa kamu pengen bisa ngomong dengan lancar, nonton film tanpa repot-repot baca subtitle nya, baca novel favorit, nulis esai atau artikel dalam Bahasa Inggris, atau justru kamu belajar Bahasa Inggris karena pengen ngambil tes TOEFL atau IELTS?

Kalo kamu udah tau apa tujuan kamu, kamu bisa tau apakah kamu udah mempelajari materi yang tepat atau belom. Kalo kamu mau belajar Bahasa Inggris karena ingin tes IELTS, kamu perlu mempelajari materi-materi yang sesuai dengan IELTS bukan cuma sibuk belajar Bahasa Inggris lewat dengerin lagu. Kalo cuma lewat dengerin lagu, biasanya kamu cuma dapet pronunciation sama phrase atau idiom nya tapi ga akan dapet grammar nya.

Cari Tahu Apa Kelemahanmu

Setelah nentuin tujuan, kamu perlu cari tau apa kelemahanmu. Bisa jadi kamu udah percaya diri saat bicara pake Bahasa Inggris di depan kelas, kamu cuma masih ga pede dengan grammar kamu. Atau kamu udah terbiasa baca jurnal ilmiah berbahasa Inggris tapi pas pengen nulis sebuah kalimat, kamu langsung melambaikan tangan di depan kamera (baca: nyerah)

Perbaiki Kelemahanmu

Setelah kamu tau apa aja kelemahanmu, sekarang waktunya buat memperbaikinya. Inget, jangan buru-buru pengen perbaiki semua sekaligus, tapi setahap demi setahap soalnya belajar suatu bahasa adalah skill yang harus diasah seumur hidup.

Latih Bahasa Inggris mu

Setelah itu, kamu bisa memperbaiki kelemahan kamu dengan cara ngelatih beberapa skill dalam Bahasa Inggris setiap hari. Contoh: cari video yang menarik di ted.com, sambil nonton video tersebut, kamu bisa nerapin micro listening dengan cara dengerin selama 30 detik sampe 1 menit lalu pause video tersebut dan catet semua yang kamu denger.

Gimana kalo kamu ngga bisa denger ucapan si pembicara? Tulis aja semua yang kamu denger. Tulis suara yang kamu denger. Dengan cara ini kamu bisa mengidentifikasi sebuah kata yang diucapkan oleh pembicara.

Abis selesai nyatet semua yang kamu dengar, lanjut lagi nonton video nya dan ulangi langkah yang tadi sampe video tersebut selesai. Dengan gitu kamu bisa ngelatih skill listening kamu dan writing kamu. Kalo kamu nemuin vocabulary atau phrase baru, kamu bisa catet dan gunain pas kamu speaking atau writing.

Setelah itu, analisa kalimat yang barusan kamu tulis. Ada kesalahan dalam grammar ngga? Atau salah dalam spelling? Kamu bisa liat transcript video tersebut buat ngebantu kamu menganalisa. Dan liat sejauh mana kamu bisa denger dan memahami kalo native speaker ngomong pake Bahasa Inggris.

Kamu juga bisa niru gimana cara ngucapin sebuah vocabulary dari video yang kamu tonton. Jadi pas kamu pengen ngucapin vocabulary tersebut, kamu ga akan salah ucap lagi.

Gitu juga pas kamu baca novel favorit, kamu bisa ngebaca lagi sambil nyari-nyari phrase, expression atau idiom yang belum kamu pahami.

Perbanyak Vocabulary

Percuma kan kalo kamu mahir grammar tapi kamu ga tahu synonym nya hungry? Makanya baca dan dengerin sesuatu dalam Bahasa Inggris itu harus jadi menu wajib harian. Kalo kamu nemuin kosa kata baru dan ga paham apa artinya, jangan buru-buru buka kamus. Tapi, kamu harus coba nebak dulu artinya dengan ngeliat konteksnya.

Contoh: misal kamu baca atau ngedenger sebuah kalimat

“Could I have a piece of bread? I missed breakfast and I’m simply ravenous.”

Dari konteks, kita bisa tahu kalo tokoh tersebut minta roti karena belom sarapan, maka kita bisa tebak kalo ravenous artinya lapar. Ga percaya? Coba deh cek kamusnya.

Ok, saya cukupin 5 langkah dulu ya? kita lanjutin cara-cara belajar Bahasa Inggris berikutnya di artikel selanjutnya.

Share this on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × four =