Cara Menulis dalam Bahasa Inggris

Cara Menulis Essay dalam Bahasa Inggris

Sebenarnya, tips ini ga cuma bisa digunain buat nulis essay, tapi bisa digunain buat hampir semua jenis tulisan.

Ada banyak students yang ngeluh tentang cara nulis dalam Bahasa Inggris. Wajar, karena mereka belum terbiasa ngelakuinnya. Kalo kamu juga ngerasa bahwa nulis essay dalam bahasa inggris itu sulit, tenang saya punya tips nya:

Nulis tentang apa?

Hal pertama yang perlu kamu lakuin adalah nentuin kamu mau nulis tentang apa. Ada banyak topic menarik yang bisa kamu tulis. Saran saya tulis topic-topic yang paling dekat dengan keseharian kamu atau yang paling kamu sukai, jadi kerasa gampang pas kamu tulis.

Tentuin jenis tulisan

Kamu nulis tugas kuliah atau cuma nulis catatan di buku diary?

Jenis tulisan ngaruhin gaya bahasa yang bakal kamu gunain di tulisanmu. Ga mungkin kan kamu nulis tugas kuliah pake gaya bahasa “gue-elo”. Selain itu, tugas utama penulis adalah ngelayanin pembaca. Jadi, pas nulis selalu pikirin pembaca. Kamu harus selalu berfikir “kalo aku nulis gini pembaca paham ga ya maksud aku” pas kamu menulis.

Riset

Ngumpulin ide atau bahan tentang topic yang bakal dibahas. Hal ini bakal kerasa jauh lebih gampang kalo kamu nulis tentang hal-hal yang kamu sukai. Setelah itu, kamu bisa gunain metode brainstorming, mind map atau 5W IH.

Ngebuat kerangka tulisan

Banyak orang yang ngelewatin langkah ini. Soalnya bagi mereka hal ini cuma bakal ngebuang-buang waktu mereka. Padahal kalo ga ada rencana, kamu bisa jadi bakal nyasar. Biasanya hal ini bakalan terjadi kalau topic yang kamu tulis bersifat luas.

Pada umumnya, essay hanya terdiri dari 4 paragraph sehingga kerangkanya bisa seperti ini:

First paragraph: introduction

Second paragraph: sub topic 1.

Third paragraph: sub topic 2.

Fourth paragraph: conclusion.

Kalo kamu masih bingung, kamu bisa liat contoh essay saya disini.

Proofread

Setelah tulisan kamu selesai, endapin dulu selama sehari atau dua hari, atau bisa juga selama beberapa jam. Trus, kamu baca ulang dan lakuin proofread (periksa hasil tulisan kamu dan ngubah kesalahan-kesalahan dalam grammar, vocabulary sama punctuation).

Selain cara-cara diatas, saya saranin agar kamu rajin baca. Karena dengan baca, kamu bakal dapetin banyak manfaat, seperti memperkaya kosa kata dan juga kamu bisa niru gaya bahasa penulis favoritmu.

Well, itu tadi tips buat nulis dalam Bahasa Inggris. Kalo kamu mau, saya juga nawarin kursus online nulis dalam Bahasa Inggris lhoo.. Cek disini buat harga dan materinya.

Oiya, ada beberapa vocabularies yang menurut saya menarik berkaitan dengan writing lhoo:

VocabularyDefinitionsCollocations
ProofreadTo read through something that is written or printed in order to correct any mistakes in it.1. To proofread effectively.
2. Proofread for.
3. Try proofreading by...
EditTo make changes to a text or film, deciding what will be removed and what will be kept in, in order to prepare it for being printed or shown.1. Edit out
2. Edit by
3.
AnnotateTo add a short explanation or opinion to a text or drawing.1. Fully annotate
2. Accurately annotate

 

Hopefully you find this useful.

Share this on:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fourteen − two =