Webisite optimal usaha lancar

Website Optimal, Usaha Lancar

Banyak dari pemilik usaha kecil dan menengah di Indonesia yang belum memahami pentingnya memiliki sebuah website untuk menunjang usahanya. Mereka pikir bahwa membuat dan mengelola sebuah website itu adalah sebuah pekerjaan yang menyita waktu.

Ada juga pemilik usaha yang berpikir bahwa usahanya tidak membutuhkan website karena tidak berkaitan dengan komputer. Anggapan ini tentu saja sepenuhnya tidak tepat, karena di era revolusi industri 4.0 memiliki online presence yang tinggi akan sangat membantu usaha Anda untuk selangkah lebih maju daripada kompetitor Anda.

Trus, hal-hal apa aja sih yang dibutuhkan untuk membuat website jadi lebih berguna untuk usaha Anda?

Sebelum saya bahas, saya pingin terangkan dulu dikit tentang website.

Apa sih Website Itu?

Sederhananya, website adalah suatu kumpulan halaman yang menampilkan berbagai macam informasi berupa teks, gambar ataupun video (konten) yang terangkum di dalam sebuah domain.

Jadi, website adalah apa yang Anda kunjungi setiap hari di internet. Mulai dari Google, Facebook, YouTube, Bukalapak hingga Kompas ataupun CNN.

Nah, setelah Anda memahami pengertian website, saya akan bahas tentang hal-hal yang wajib ada di website Anda sehingga bisa ningkatin penjualan Anda.

1. Konten yang Bermanfaat

Meskipun Anda bikin website cuma buat jualan atau istilahnya toko online, tapi Anda tetap wajib bikin konten yang menarik dan bermanfaat buat target pasar Anda.

Analogi penting tentang pembeli
Source: https://twitter.com/Hilmanasgar82/status/1188749423334944768/photo/1

Konten yang bermanfaat ibarat sebuah magnet yang bisa menarik calon pembeli datang ke toko online Anda (website yang dikhususkan untuk berjualan). Sayangnya, banyak dari pemilik toko online yang cuma bikin sebuah landing page untuk menampilkan produk-produk yang dijualnya (katalog) atau contoh hasil karyanya (portofolio).

Mungkin mereka berpikir bahwa tugas sebuah toko online adalah cuma sebagai tempat untuk memajang produk-produk atau hasil karya mereka. Sah-sah aja sih, tapi bisa dibilang kurang tepat aja. Kenapa?

Karena, kalo Anda menggunakan toko online Anda cuma buat jualan, Anda gak akan dapat manfaat yang optimal dari toko online Anda.

Sebuah website, bisa digunain sebagai media untuk ningkatin branding Anda, baik personal ataupun branding produk Anda. Makanya, Anda wajib bikin konten yang bermanfaat buat target pasar Anda. Soalnya, Dewa Eka Prayoga sering banget bilang, “sharing dulu baru selling.”

Berbagi konten yang bermanfaat buat target pasar Anda akan bikin brand Anda makin dikenal oleh target pasar, dan tentunya meningkatkan kredibilitas dan personal brand Anda di mata mereka.

Yang perlu Anda ingat adalah sebuah bisnis hadir untuk jadi solusi bagi target pasar. Begitu juga dengan konten yang Anda bikin buat target pasar Anda. Karena itu, kenali siapa target pasar Anda biar Anda bisa menyediakan konten-konten yang bermanfaat buat mereka meski tidak berkaitan secara langsung dengan produk yang Anda jual.

Selain itu, dengan menyediakan konten-konten yang bermanfaat bagi target pasar, Anda bisa mendapatkan calon pembeli dengan lebih mudah dibanding dengan mencari calon pembeli. Ingat, jika Anda memiliki apa yang diinginkan calon pembeli maka mereka akan mendatangi Anda.

Jangan lupa untuk meletakkan internal link di setiap konten yang Anda buat. Internal link tersebut bisa mengarah ke konten lain yang relevan ataupun ke landing page yang berisi katalog, jadi website Anda terstruktur dengan baik dan pembaca sudah teredukasi lewat konten yang Anda buat sebelum membelinya.

Misal, Anda punya sebuah toko online yang menjual hijab. Anda bisa membuat konten yang bermanfaat seputar permasalahan yang biasa dihadapi oleh target pasar Anda yaitu para muslimah. Seperti: cara berpakaian yang profesional namun tetap syar’i. Setelah itu tautkan sebuah link ke landing page yang berisi produk-produk Anda.

Dengan begitu, pembaca tidak hanya mendapat informasi yang dibutuhkan melalui konten yang dibaca, namun juga mendapat solusi dari produk yang Anda jual.

Jadi, yang namanya bikin konten di toko online milik sendiri itu wajib. Jadi, mereka akan datang dengan sendirinya ke toko online Anda, dan kredibilitas serta kepercayaan mereka kepada brand Anda akan semakin meningkat.

2. Desain yang Menarik dan Responsive

Saat calon pembeli berkunjung ke website Anda entah pakai laptop atau sebuah perangkat mobile, hal pertama yang dilihat oleh mereka adalah desain atau tampilan dari website Anda. Apakah desain nya menarik dan responsive? Atau justru bikin sakit mata?

Analoginya, Anda bisa bayangin kalo website Anda itu adalah rumah Anda. Gimana perasaan Anda saat rumah Anda sedang berantakan dan ada tamu yang berkunjung ke rumah Anda? Anda pasti gak pingin tamu Anda melihat rumah yang seperti kapal pecah kan?

Begitu juga dengan tampilan website Anda, pastikan Anda sudah mendesain nya dengan menarik, resposive dan mengutamakan kenyamanan para pengunjung. Yang saya maksud dengan kenyamanan para pengunjung adalah kecepatan loading dari website Anda, tampilan website di laptop ataupun perangkat mobile, ukuran dan jenis font yang Anda pakai, gambar atau video yang Anda pakai dan lain sebagainya.

Semakin nyaman dan betah para pengunjung saat mengunjungi website Anda, maka bisa dipastikan website Anda akan semakin dikenal oleh mesin pencari Google. Dan akhirnya, website Anda bisa tampil di halaman pertama mesin pencarian.

3. Interaksi

Setelah Anda bikin konten yang bermanfaat, promosikan konten tersebut ke tempat-tempat di mana target pasar produk Anda berkumpul. Seperti grup-grup di Facebook ataupun di media sosial lainnya.

Dengan begitu, diharapkan akan banyak target pasar yang tertarik dengan konten yang Anda buat dan tertarik dengan produk/jasa yang Anda jual.

Semakin banyak manfaat yang Anda bagi lewat konten-konten yang Anda sediakan di website Anda, tentu akan mengundang para pengunjung untuk berkomentar. Tentu saja Anda wajib menjawab semua komentar yang masuk dengan sebaik-baiknya.

Untuk berinteraksi dengan para pengunjung, Anda bisa menggunakan plugin instant chat atau sambungkan website Anda dengan media sosial yang Anda miliki. Semakin sering Anda berinteraksi dengan pengunjung website Anda, maka akan semakin meningkatkan kepercayaan mereka.

Prinsip yang harus Anda ingat adalah calon pembeli yang berkunjung ke website Anda adalah calon teman Anda. Mungkin mereka belum membeli produk Anda, tapi karena mereka sering berinteraksi dengan Anda, maka bisa jadi mereka akan merekomendasikan produk Anda ke teman-teman mereka.

Anda juga bisa menyediakan ebook gratis atau video tutorial yang hanya Anda berikan jika target pasar Anda mau memberikan kontaknya baik berupa alamat email atau nomor WA. Setelah Anda mendapat kontak mereka, Anda bisa menyapa mereka, menanyakan kabar mereka, memberi ucapan selamat ulang tahun, dan lain sebagainya.

Ingat, semakin Anda mengenal dan dekat dengan calon pembeli Anda, maka Anda akan semakin dekat dengan transaksi. Iya kan?

Penutup

Setidaknya, 3 hal diatas adalah hal-hal yang wajib Anda lakukan agar website Anda semakin optimal dan meningkatkan penjualan Anda. 3 hal yang saya tulis memang tidak terlalu teknis, tapi menurut saya 3 hal inilah yang menjadi dasar dari optimasi website baik on page maupun off page.

Ada yang mau nambahin?

Referensi:

http://panduanim.com/off-page-seo/

http://panduanim.com/on-page-seo/

https://www.progresstech.co.id/blog/optimasi-seo-toko-online/

Share this on:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 5 =